Tips Sukses Merintis Usaha Sosis Rumahan Dengan Laba Fantastis

Salah satu bisnis menjanjikan dan mudah dijalankan di masa kini adalah usaha sosis rumahan. Produk ini sangat disukai oleh semua usia, bergizi, harganya terjangkau dan bisa diolah tau di campur menjadi hidangan kuliner lain. Bisnis ini masih cukup hijau untuk dijalankan dengan modal yang terjangkau dan target market yang luas.

Jika anda tertarik untuk merintis bisnis menjanjikan ini anda bisa menyimak tips sukses merintis usaha sosis rumahan berikut:

 

  • Persiapan alat dan bahan pembuatan sosis

 

usaha sosis rumahanHal pertama yang harus anda persiapkan dalam merintis usaha sosis rumahan adalah alat dan bahannya. Alat yang harus anda siapkan antara lain: mesin penggiling daging (blender), peralatan masak (baskom, panci, pembungkus dll), supaya proses produksi lebih cepat bisa menggunakan filling sosis/mesin pengisi sosis.

Bahan yang akan gunakan untuk membuat sosis  tergantung dari jenis daging yang ingin anda buat usaha. Apabila anda menginginkan membuat sosis ayam maka anda bisa menyiapkan bahan:

  1. Tepung sagu 50 gram
  2. Daging ayam 500 gram
  3. Bumbu sosis: gula pasir (30gram), garam dapur(1sdm), bawang putih (10gr), lada merica (10gr), minyak goreng (50gr), lemak ayam (100gr), penyedap rasa secukupnya, minyak goreng (50gr), cuka (20ml), pengenyal phosmix MP untuk sosis/bakso ½ sdt, pala dan jahe (3gr), es batu 200gr, dan garam nitrat 1gr.
  4. Casing atau selongsong secukupnya yang bisa anda beli di toko dengan harga per 30 meter sekitar 20.000an dengan bahan plastic.
  5. Susu skim 50 gram

 

  • Proses pembuatan sosis

 

Dalam merintis usaha sosis rumahan ada juga harus menguasai cara pembuatan sosis yakni: daging yang sudah bersih digiling dengan blender khusus daging. Secara bersamaan masukkan garam nitrat, garam, separuh es batu dan phosmix MP.  Lalu tambahkan lagi bumbu, tepung sagu, susu skim dan sisa es batu hingga adonan teraba kenyal.

Lanjutkan proses hingga tercipta adonan homogen dan sebelum berakhir tambahkan ke dalam adonan minyak goreng, lalu biarkan adonan selama ± 15 menit agar sedikit dingin supaya bisa dimasukkan dalam casing. Dalam memasukkan adonan dalam selongsong bisa menggunakan alat seharga 2 jutaan maupun manual. Lalu rebus sosis selama 50 menit dalam suhu konstan 600-700C lalu sosis siap disimpan dan dikemas dalam lemari es.

 

  • Menentukan harga

 

Untuk usaha sosis rumahan sebaiknya survey harga dulu dengan para competitor supaya sesuai dengan kondisi lingkungan dan harga di pasaran. Hindari memasang harga tinggi saat permulaan, justru anda mestinya memasang harga promo sebagai penglaris jika konsumen suka pasti mereka akan menjadi pelanggan setia.

 

  • Promosi dan pemasaran

 

Untuk promosi usaha sosis rumahan anda bisa membuat spanduk dan anda pasang di depan tempat usaha anda, membuat brosur, dan secara online melalui social media maupun website. Sedang untuk pemasaran anda bisa menawarkan produk usaha sosis rumahan secara langsung ke konsumen, menawarkan ke toko dan swalayan, atau diolah lagi menjadi kuliner usaha anda seperti sosis bakar.

Kunci sukses supaya usaha usaha sosis rumahan anda tetap bergulir ditengah pesaing adalah kreativitas. Baik kreatifitas dalam hal pemasaran, promosi, membuat variasi produk dll.