Mengenal Usaha Waralaba dan Keuntungannya

Salah satu jalan untuk meniti sebuah kesuksesan adalah menggeluti sebuah usaha. Dengan memiliki sebuah usaha setidaknya anda memiliki tujuan melalui usaha tersebut. Akan tetapi seringkali mungkin anda dibingungkan dalam hal memilih jenis usaha macam apa dan bagaimana caranya, bukankan demikian?

Usaha WaralabaNah, untuk memasuki dunia usaha bukanlah sebuah hal yang gampang. Hal ini disebabkan oleh semakin cerdasnya para konsumen untuk memilih produk dan memenangkan pasar. Jadi disini anda dituntut untuk memiliki merk yang kuat pada benak para konsumen, sedangkan untuk membuat merek tersebut tentu bukanlah hal yang mudah. Tentu hal tersebut membutuhkan kerja keras, ketekunan serta waktu dan biaya yang tidaklah sedikit. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin memulai sebuah usaha maka usaha waralaba adalah sebuah rekomendasi yang tepat. Usaha waralaba menjadi pilihan yang menggoda dengan bukti kesuksesannya. Akan tetapi, sudahkah anda mengenal apa itu usaha waralaba? Inilah penjelasannya:

Definisi Waralaba

Waralaba atau yang lebih familiar dengan nama franchisee merupakan sebuah sistem dari duplikasi kesuksesan usaha dari para franchisor yang berlatarbelakang memiliki pengalaman dalam dunia usaha yang telah terbukti sukses. Jadi intinya, dengan adanya waralaba maka akan memudahkan seseorang yang ingin memulai sebuah usaha dan mengembangkannya jika dibandingkan dengan memuali usaha sendiri dari nol.

Sistemnya adalah dimana franchisor sebagai pihak pertama memberikan sebuah hak pada franchisee sebagai pihak kedua untuk menyalurkan barang maupun jasa dalam lingkup periode waktu dan area geografis yang menggunakan logo, merek serta sistem operasi yang dipunyai dan dikembangkan oleh pihak pertama atau franchisor.

Pemberian hak tersebut dituangkan pada sebuah perjanjian yang disebut perjanjian waralaba atau franchisee agreement.

Disini franchisor menyiapkan rencana secara lengkap terkait dengan cara mengatur serta menjalankan usaha waralaba. Contohnya adalah bagaimana franchisor tersebut bergerak dibidang restorant maka franchisee akan dibantu untuk mengelola usahanya dengan menyediakan resep masakan, koki, SOP manajemen resto dan hal-hal terkait.

Jadi bisa dikatakan anda membeli bisnis yang sudah jadi. Ada 6 keuntungan utama menjadi franchisee yaitu:

  1. Franchisee merupakan pemiliki usahanya sendiri secara otonom namun dia tidak merasa sendiri untuk mengelola bisnisnya.
  2. Jaringan franchisee menawarkan keuntungan pengiklanan, daya pembelian, keunggulan dan manfaat dalam keseragaman serta sarana lainnya.
  3. Mengcopy kesuksesan pendahulunya melalui bantuan star-up yang lebih mudah dan lebih cepat.
  4. Mengurangi resiko kegagalan.
  5. Dibekali dengan keahlian khusus melalui asistendi dan transfer know how.

Dengan keuntungan utama dari usaha waralaba yang telah dipaparkan tadi maka tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk mencoba usaha waralaba sebagai sebuah usaha yang mungkin akan sangat membuat anda menjadi lebih berkembang dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan.