Untung dan Rugi Dalam Franchise Kuliner

Banyak masyarakat yang sering mendengar istilah franchise kuliner, namun sedikit yang mengetahui apa itu sebenarnya Franchise. Franchise adalah suatu hubungan kerja sama antara si pemilik usaha dengan pemilik modal atau yang sering dikenal dengan Investor. Disini, Investor menduplikasi bisnis dari pemilik usaha yang biasanya sudah terkenal, sehingga Investor tidak perlu memulai bisnisnya dari nol dan mengurangi resiko kegagalan dalam bisnis. Bisnis yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah bisnis kuliner.

Perkembangan Franchise Kuliner

franchise kulinerSeiring dengan bertambahnya minat dan rasa penasaran masyarakat untuk mencoba sesuatu yang baru, franchise kuliner dianggap bisnis yang paling ampuh untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang selalu berkembang. Hal ini membuat minat para pembeli bertambah dan juga membuat para pemilik modal bersaing untuk selalu memunculkan ide-ide baru yang unik dan dapat diterima. Tidak hanya unik dengan rasa yang enak, tapi juga para Investor perlu mempertimbangkan harga jual produknya.

Keuntungan dan Kerugian Franchise Kuliner

Bagi para Investor, banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memulai suatu franchise kuliner. Jangan hanya karena kuliner merupakan bisnis yang menggiurkan, jadi Anda langsung tertarik untuk menginvestasikan dana yang Anda miliki. Sebaiknya, berpikir dahulu matang-matang sebelum terjun ke dunia bisnis franchise. Anda harus memikirkan untung dan ruginya dalam memulai sebuah franchise.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dalam memulai usaha franchise:

  • Pangan merupakan kebutuhan utama masyarakat

Seperti yang telah diketahui bahwa makanan adalah kebutuhan utama masyarakat. Tidak hanya kebutuhan, tapi juga menjadi bentuk hobi dan gaya hidup masyarakat yang selalu berkembang sehingga bisnis kuliner adalah sebuah potensi besar untuk meraih untung.

  • Merek Dagang yang sudah terkenal

Hal inilah yang menjadi prioritas utama bagi para investor sebelum memulai bisnis kuliner. Dengan adanya merek produk-produk yang sudah dikenal oleh masyarakat, memudahkan Investor untuk menjual makanan tersebut tanpa kesulitan dan bisa menghemat biaya promosi.

Apabila ada keuntungan, disitu juga pasti ada kerugian, berikut ini beberapa kerugian dalam usaha franchise:

  • Banyak saingan

Semakin dikenalnya merek suatu makanan, maka semakin banyak pula Investor yang menduplikasi bisnis yang sama. Hal ini dapat menimbulkan persaingan seperti perebutan konsumen karena konsumen selalu menginginkan inovasi-inovasi yang baru dalam makanan.

  • Lokasi yang tidak tepat

Pemilihan lokasi yang tidak strategis dapat menyulitkan perkembangan suatu usaha karena masyarakat lebih menyukai segala sesuatu yang mudah didapat dan mudah diakses bagi para pengguna kendaraan.

Dengan segala pertimbangan baik untung dan rugi, diharapkan para Investor mampu mengembangkan franchise kuliner dengan baik. Apalagi sebuah bisnis dibentuk sebagai langkah lain untuk mendapatkan pekerjaan tanpa harus terikat dengan kontrak. Di era modern yang serba praktis dan dinamis ini, diharapkan bagi para pemilik modal untuk untuk selalu menciptakan sesuatu yang baru yang bisa diterima oleh masyarakat.